Gejala Demam Berdarah Pada Anak

Gejala demam berdarah pada anak

Gejala demam berdarah
Gejala Demam Berdarah
Gejala demam berdarah pada anak kecil Anak kecil sering menderita demam berdarah karena daya tahan tubuh anak kecil sangat rentan di bandingkan orang dewasa dan anak kecil terkena demam berdarah karena di sebabkan oleh nyamuk pada saat pagi hari saat mereka tertidur lelap pagi hari. Pengawasan orang tua harus lebih waspada saat meninggalkan buah hati yang terlelap saat tidur pagi dikhawatirkan akan tersengat nyamuk demam berdarah dan menyebarkan virus dengue pada anak tersbut.
Saat terjadinya demam pada anak anda harus memperhatikan banyak faktor apakah ini berupa demam biasa ataukah demam yang disebabkan virus dengue yaitu demam berdarah. Pada penderita penyakit demam berdarah ada beberapa fase demam berdarah yang harus di waspadai karena pada umumnya seseorang yang tidak mengerti karakteristik penyakit yang disebabkan virus dengue ini akan beranggapan bahwa anak yang menderita demam tinggi kemudian turun berarti sembuh akan tetapi hal ini berbeda dengan fase demam berdarah saat anak anda demam tinggi kemudian turun ini harus diwaspadai karena memasuki masa kritis yang banyak menyebabkan kematian karena kesalahan langkah dalam mengobatinya.Berikut Gejala demam berdarah yang harus anda perhatika jika hal ini terjadi pada anak anda agar anda lebih waspada dengan demikian tidak terjadi lagi korban kematian akibat penyakit demam berdarah yang mengalami telat penangan dari medis karena kurangnya pengetahuan.

Gejala demam berdarah – Demam tinggi

Demam akan dialami saat ana teresbut terinfeksi virus dengue, hal yang cukup wajar dan pasti karena ini merupakan bagian awal dari penyebaran virus dengue yang disebabkan oleh nyamuk DBD.  emam yang dialami oleh anak mencapai 40 derajat celcius dan ini akan terus bertahap sesuai dengan fase demam berdarah jadi harus diperhatikan dengan baik keadaannya. Demam akan turun saat anak memasuki fase kritis bukan fase penyebuhan, ada umumnya seseorang akan berfikir ini merupakan kesembuhan akan tetapi hal ini harus sangat dicermati dan diwaspadai dengan baik dan penanganan yang tepat.

Gejala demam berdarah – Lemas dan Lesu

Lemas dan terlihat lesu ini merupakan gejala dari DBD karena terdapat gangguan sel darah merah pada anak akibat dari penyebaran virus dengue yang sangat berbahaya dan mengancam kesehatan tubuh anak. jangan pernah berfikir bahwa demam berdarah metupakan penyakit yang sepele karena demam berdarah telah mempunyai banyak korban dan korban terbesar adalah anak kecil yang daya tahan tubuhnya masih rentan dan kurang pengawasan saat tidur di pagi hari. Lemas dan lesu yang dialami oleh anak kecil dapat disebabkan oleh pendarahan atau karena turunnya jumlah trombosit yang diakibatkan gangguan pada sel darah merah oleh virus dengue.

Gejala demam berdarah – Bintik – Bintik Merah

Bintik merah merupakan ciri yang sering dan paling dipaham oleh masyarakat akan tetapi bintik merah pada kasus tertentu tidak akan keluar dan jika anda tidak mewaspadai dan penanganan demam berdarah menunggu keluarnya bintik merah hal ini akan beresiko kematian jika tanda yang satu ini anda tunggu akan tetapi tidak keluar dan telat penangan untuk anak anda.
Gejala demam berdarah – Rasa Mual
Pada umumnya penderita demam berdarah akan mual mual bahkan sampai muntah. ini akan membuat anda muntah disertai darah. Demam berdarah akan membuat anak anda merasa malas muntah atau akan kehilangan nafsu makan, akan membuat anak anda merasa gatal di bagian telapak tangan dan kaki, terkadang disertai batuk pilek. Jika hal ini terjadi pada anak anda usahakan secepatnya ditangani dengan baik agar tidak menjadi lebih buruk lagi.

Gejala demam berdarah – Terjadinya Pembengkakan Hati

Pembengkakan hati akan terjadi pada penderita demam berdarah karena adanya gangguan hati yang teriveksi oleh virus dengue. Perlu diketahui hati organ penting yang akan menetralisir virus atau bibit penyakit yang masuk kedalam tubuh sehingga jika terjadi penyebaran virus dengur melalui aliran darah maka hati akan menetralkannya dan jika tidak mampu maka fungsi hati ini lah yang akan terganggu oleh bibit penyakit atau virus tersebut.

Gejala demam berdarah – Pendarahan

Pendarahan pada penderita demam berdarah sangat mudah terjadi dan hal ini sangat beresiko tinggi untuk kehidupan buah hati. Organ yang dapat mnegalami pendarahan pada saat terkena virus dengue adalah organ - organ penting yang pertama kali mencoba melawan bibit penyakit atau virus ini dan pendarahan akan keluar melalui saluran pencernaan atau saluran pernafasan. hal yang harus diperhatikan dalam terjadinya pendarahan adalah jika terjadi pendarahan berat harus segera ditangani dengan intensif agar mengurangi penyebab anemia pada penderita. Anemia adalah penyakit kurang darah karena sel darah merah atau disebut juga dengan trombosit yang jumlahnya tidak sesuai dengan keadaan seharusnya. Anemia memiliki beberapa gejala yag harus anda pahami dengan baik karena jika demam berdarah yang terjadi pada anak kemudian anak tersebut mengalami anemia atau kurang darah hal ini akan memperburuk keadaan.
Sumber referensi : Kesehatan-ata.com dibagian artikel gejala demam berdarah

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete